Desain Taman Belakang Rumah Minimalis

Sunday, October 25, 2015

Desain Taman Belakang Rumah Minimalis

Desain Taman Belakang Rumah Minimalis

Desain Taman Rumah Minimalis. Rumah bak istana dan surga tidak harus selalu memiliki bangunan besar dengan taman luas seperti yang sering digambarkan dalam cerita-cerita fiksi. Rumah dengan lahan terbatas pun alias sempit juga bisa ‘disulap’ hingga tampak seperti istana dan surga. Apalagi dalam kondisi saat ini, di mana permintaan akan rumah tinggal semakin meningkat tetapi tidak didukung dengan lahan yang memadai. Oleh sebab itu, tercetuslah ide membuat konsep desain rumah  minimalis. Sesuai dengan namanya, rumah dengan konsep ini menempati lahan dengan luas terbatas namun tetap nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Bahkan, rumah berkonsep minimalis saat ini justru makin populer terbukti digunakan oleh para pengembang (developer) dalam membangun perumahan.

Sebuah rumah akan tampak menarik dan memiliki nilai jual mahal tidak selalu ditentukan oleh ukuran luasnya. Desain rumah yang unik dan penataan ruang yang apik turut berperan dalam menentukan menarik tidaknya sebuah rumah, apalagi dilengkapi dengan sebuah taman yang asri. Bagaimana menghadirkan taman di sebuah rumah jika lahannya saja terbatas? Bukankah taman membutuhkan lahan yang cukup luas sehingga mampu memberikan sirkulasi udara yang baik?

desain taman belakang rumah

Disadari atau tidak, taman yang luas dengan beragam pepohonan hijau kini sudah sulit ditemukan, apalagi di area perkotaan. Area hijau mulai tergerus dengan semakin padatnya permukiman penduduk. Hal ini mengakibatkan suhu udara semakin panas sehingga menimbulkan efek rumah kaca dan pemanasan global. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, penting memanfaatkan lahan-lahan kosong di rumah meski berukuran kecil guna dijadikan sebagai taman.

Keberadaan taman di rumah baik taman belakang rumah, taman depan rumah, outdoor maupun indoor sangatlah penting guna menjaga suhu udara agar tetap adem dan sirkulasi udaranya lancar. Namun, dibutuhkan lahan yang luas untuk membuat taman tidak selalu tepat. Seiring dengan berkembangnya teknologi, berkembang pula ilmu arsitektur pertamanan (landscape), di mana sangat dimungkinkan membuat taman pada rumah minimalis, baik di bagian depan, belakang, bahkan di dalam rumah sekalipun.

Ya, taman menjadi bagian dari rumah yang memiliki peranan penting. Sebuah rumah tanpa taman ibarat sayur tanpa garam, terasa hambar, gersang, dan ‘garing’, sehingga tampak kurang menarik. Taman memiliki peran dan fungsi penting bagi penghuni rumah baik secara fisik maupun psikologis. Keberadaan taman di sebuah rumah mampu memberikan kesan sejuk dan asri sehingga bisa memberikan efek relaks pada para penghuninya, sehingga tidak mudah stres. Dari sisi estetika, adanya taman dapat mempercantik tampilan rumah. Pengaruhnya pada penghuni rumah tentu saja keinginan untuk tinggal lebih lama di rumah untuk menikmati suasana alias betah di rumah.

taman belakang rumah buatan sendiri

Bagaimana caranya membuat taman dalam rumah yang sempit? Jika Anda pernah melihat desain rumah yang ditawarkan oleh para pengembang properti, pasti tersisa lahan kosong yang tidak terlalu luas, entah di depan atau di belakang rumah yang difungsikan sebagai taman. Ya, membuat taman tidaklah terlalu rumit, Anda hanya perlu menyisakan sebagian kecil pekarangan rumah agar bisa ditanami dengan pepohonan, tanaman bunga, atau tanaman hias kesukaan Anda. Mengingat lahan yang terbatas, tentunya untuk pepohonan harus dipilih yang tidak cepat tumbuh besar seperti bonsai misalnya. Nah, keberadaan taman di rumah selain bisa bermanfaat untuk refreshing juga sebagai sarana untuk menyalurkan hobi berkebun, meskipun lagi-lagi hanya berkonsep minimalis.

Setidaknya ada tiga jenis taman yang bisa diaplikasikan pada lahan terbatas, yaitu basah, kering, dan vertikal.

Taman basah. 

Dari namanya, Anda mungkin berpikir bahwa jenis taman ini identik dengan air. Benar, tapi tidak sepenuhnya tepat. Taman basah merupakan jenis taman yang umumnya didominasi dengan tanaman yang membutuhkan penyiraman secara berkala. Jenis taman ini biasanya bersifat outdoor atau di luar ruangan dan membutuhkan terpaan sinar matahari yang cukup. Namun, tidak tertutup kemungkinan taman jenis ini juga bisa dibuat secara indoor atau di dalam ruangan. Hanya saja membutuhkan perawatan ekstra, karena harus sering-sering dibersihkan.

Taman kering. 

Kebalikan dari taman basah, taman kering merupakan jenis taman yang tidak  membutuhkan banyak penyiraman. Jenis taman ini sering kali didesain untuk indoor, tetapi juga bisa dibuat di luar ruangan (outdoor). Taman kering cenderung didominasi dengan ornamen bebatuan seperti batu-batu alam, batu kali, koral, kerikil, dan pasir. Apa hanya berupa bebatuan saja? Tentu saja tidak. Taman kering juga bisa dilengkapi dengan tanaman hias seperti bambu atau lainnya sesuai dengan selera. Untuk mengantisipasi percikan air yang dapat mengotori lantai ketika tanaman disiram atau terkena hujan, tanah pada taman kering dapat ditaburi bebatuan koral atau yang lainnya.

Taman vertikal

Jenis taman ini dibuat dengan memanfaatkan dinding rumah dengan menyusun tanaman yang ditanam dalam pot-pot kecil secara bertingkat. Taman jenis ini dapat menjadi solusi bagi mereka yang memiliki rumah kecil tetapi ingin tetap menyajikan suasana sejuk nan artistik di dalamnya.

Untuk menghadirkan area hijau yang mampu menciptakan suasana tenang dan nyaman di rumah, Anda bisa memilih jenis taman yang sesuai keinginan. Anda bisa mengaplikasikan salah satu atau bahkan memadukan beragam jenis taman untuk memperindah setiap sudut rumah Anda. Namun perlu diingat bahwa taman membutuhkan perawatan agar selalu tampak asri. Jangan sampai keberadaan taman justru menimbulkan stres, rasa jenuh, bahkan sumber penyakit apabila tidak dirawat dengan baik. Dengan menghadirkan taman di rumah meski hanya minimalis, kita turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah efek pemanasan global yang lebih parah. Tapi yang paling penting, taman yang diciptakan di rumah mampu memberikan aura positif bagi para penghuninya.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain taman rumah minimalis, foto-foto berikut mungkin akan memberikan inspirasi desain yang cocok dengan dana dan lahan yang tersedia.

Jika anda adala sales, pengembang, marketing dari Desain Taman Belakang Rumah Minimalis dan ingin menambahkan alamat lengkap, nomor telepon atau iklan Anda, silakan hubungi kami dengan mengisi form "KIRIM IKLAN RUMAH ANDA"
close